Rabu, 12 Juli 2017

Lebah ,Serangga Penghasil Madu


Serangga Penghasil Madu


Kita semua sudah mengetahui bahwa madu dihasilkan dan dibuat oleh serangga yang bernama lebah madu. Karena dapat menghasilkan makanan dan minuman yang berkhasiat, tidak hanya berbentuk madu, maka lebah madu digolongkan dalam kelompok serngga yang memiliki nilai ekonomi tinggi di seluruh dunia .
Lebah


Lebah madu merupakan contoh makhluk sosial yang mempunyai disiplin tinggi dan kerjasama yang erat dan terpadu. Karenanya tidak mengherankan kalau di dalam kehidupannya selalu berbentuk koloni, layaknya sebuah negara.

Dalam dunia madu terdapat satu ekor lebah madu ratu, dengan ukuran badan rata-rata 2 kali lebih panjang atau 2,8 kali lebih berat dari lebah pekerja. Lebah ratu tugasnya hanya menghasilkan telur dengan jumlah antara 1000 sampai 2000 buah. Kalau telur tersebut kemudian dibuahi setelah lebah ratu mengadakan perkawinan dengan lebah jantan, dari telur tersebut akan dihasilkan lebah pekerja atau mungkin lebah ratu baru. Sedang dari telur yang tidak dibuahi akan dihasilkan lebah jantan saja.

Ratu lebah selain menghaslikan telur yang berjumlah  banyak. Juga dapat menghaslikan sejenis cairan yang disebut feromon dan hormone sosial yang dapat dimanfaatkan oleh segenap isi koloni tersebut.

Lebah madu mempunyai tugas meletakkan telur yang tidak dibuahi ke setiap sel segi 6 di dalam sarangnya. Untuk calon lebah jantan, ia meletakkan ke sel yang besar, serta untuk calon lebah pekerja (umumnya lebah betina) ke dalam sel yang lebih kecil.

Disamping lebah ratu ada pula lebah jantan. Tugasnya hanya mengadakan perkawinan dengan lebah ratu untuk menghasilkan lebah baru, yaitu lebah-lebah pekerja atau lebah ratu baru. Karena tugasnya hanya mengadakan perkawinan, maka umurnya pun sangat pendek, hanya 3 bulan saja.

Sedang penghuni sarang yang paling banyak adalah lebah pekerja dengan tugas utama mencari dan mengumpulkan nectar untuk bahan pembuat madu. Kelompok pekrja yang tugasnya hanya bekerja merupakan tulang punggung lebah madu. Tanpa mereka tidak mungkin manusia dapat menikmati manfaat dan khasiat madu.

Serangga ini adalah salah satu contoh kelompok yang dapat kerja sama dengan baik dan mencapai suatu tujuan. Dan tujuan itu dapat bermanfaat untuk manusia. Yaitu menciptakan Madu.

Manfaat madu


Setelah mengetahui hewan serangga penghasli madu tentunya kita ingin mengetahui juga

Apa manfaat dari madu tersebut bukan…?

Manfaat madu sangatlah banyak dan khasiatnya yang telah terbukti mengobati perbagai penyakit.

-          Penyakit pernafasan

-          Penyakit paru-paru

-          Penyakit hati (lever)

-          Penyakit sistem saraf

-          Penyakit kulit

-          Penyakit alat pencernaan

-          Penyakit jantung


-          Menambah nafsu makan anak

-          Mengobati luka

-          Dapat menyembuhkan batuk, flu dan pilek

-          Dapat melancarkan system pencernaan anak

-          Dapat meningkatkan perkembangan otak anak

-          Dapat meningkatkan masa pertumbuhan anak



Demikian informasi dunia lebah madu yang dapat menghasilkan makanan dan minuman berkhasiat.

Semoga infromasi ini dapat bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Efek samping mengkonsumsi madu secara berlebihan.

Efek Samping Mengkonsumsi Madu Secara Berlebihan. Pemanfaatan madu dalam dunia kesehatan sudah tidak menjadi hal yang asing lagi di t...